PENGOLAHAN SAMPAH DIGITAL BERBASIS 4R DAN TANGGUNG JAWAB MASYARAKAT DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DI KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Gunawan Gunawan Universitas Mulia Author
  • Shinta Palupi Universitas Mulia Author

Keywords:

Sampah digital, pengolahan 4R , tanggung jawab, Balikpapan, lingkungan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong peningkatan signifikan dalam jumlah sampah digital, seperti perangkat elektronik yang sudah tidak digunakan, data tidak terpakai, dan berbagai jenis limbah teknologi lainnya. Kota Balikpapan sebagai salah satu kota berkembang di Indonesia mengalami tantangan besar dalam mengelola sampah digital ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengolahan sampah digital berbasis prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace) serta mengevaluasi peran dan tanggung jawab masyarakat dalam menjaga lingkungan dari dampak negatif sampah digital. Metodologi penelitian meliputi analisis kualitatif melalui wawancara mendalam dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah kota, masyarakat, dan pelaku industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip 4R dalam pengelolaan sampah digital mampu mengurangi dampak lingkungan secara signifikan, dengan strategi pengurangan dan daur ulang menjadi yang paling efektif. Namun, kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat Balikpapan masih perlu ditingkatkan melalui program edukasi dan kampanye lingkungan yang lebih intensif. Implementasi kebijakan pengelolaan sampah digital yang lebih komprehensif dan dukungan dari berbagai sektor sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan di masa depan. Studi ini menyarankan adanya integrasi antara teknologi hijau dan peningkatan tanggung jawab sosial dalam manajemen sampah digital untuk mencapai keberlanjutan lingkungan di Kota Balikpapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zainuddin, Z., Widowati, W., & Anggarbeni, S. R. (2023). Pengelolaan Sampah Melalui Program 4r Berbasis Aplikasi Website Re4cash (Doctoral dissertation, Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Kencana, W. H., Rahmawati, K. J., & Rustanto, A. E. (2023). Pemberdayaan Bank Sampah Berbasis Ekonomi Kreatif di Kampung Pemulung Klender Dengan Pendekatan 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace). I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1966-1974.

Triana, N., Rahman, B., Praza, R., Maryana, M., Fazria, N., Havidh, M., & Muntazar, M. (2023). Pengelolaan Sampah Berbasis 4R dan Tanggung Jawab Masyarakat Dalam Menjaga Lingkungan di Kota Lhokseumawe. Jurnal Solusi Masyarakat (JSM), 1(1), 76-86.

Saputro, Y. E., Kismartini, K., & Syafrudin, S. (2016). Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4(1).

Maradi, A. Y. (2020). Pemanfaatan android untuk sistem kendali robot penembak dengan mikrokontroler. CYCLOTRON, 3(1).

Downloads

Published

2024-07-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGOLAHAN SAMPAH DIGITAL BERBASIS 4R DAN TANGGUNG JAWAB MASYARAKAT DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DI KOTA BALIKPAPAN. (2024). Gotong Royong, 1(2), 53-61. https://journal.ajbnews.com/index.php/gotongroyong/article/view/34